-->

Logistik Berperan Perkembangan E-Commerce di Indonesia


Logistik Berperan Perkembangan E-Commerce di Indonesia


Apa sih yang dimaksud dengan yang namanya logistik? Nah, secara umum, Logistik ini adalah suatu ilmu pengetahuan atau pun seni dalam melakukan yang namanya proses penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan, dan juga penghapusan terhadap berbagai macam barang atau pun alat-alat yang tertentu.

Dan ada juga beberapa yang menyebutkan bahwa logistic ini adalah merupakan serangkaian dari suatu proses yang dapat meliputi dari kegiatan perencanaan, implementasi, hingga dengan pengawasan terhadap suatu proses dalam perpindahan, baik itu barang atau jasa, energi, atau pun sumber daya yang  lainnya, dari suatu titik awal untuk menuju titik dari penggunaan.

Dari penjelasan diatas arti logistic tersebut dapat kita simpulkan bahwa logistic ini merupakan bagian dari ilmu dalam manajemen dimana suatu rangkaian kegiatannya yang dapat saling berhubungan dan juga dilakukan secara bertahap, serta bertujuan dalam mengelola dan juga dapat memelihara barang atau perlengkapan yang tertentu.

Tujuan dan Manfaat Logistik


Semua dari kegiatan logistik ini adalah untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu, yaitu dapat tersedianya suatu barang yang datang tepat pada waktu dan dengan tempat yang tepat juga. Dengan begitu, suatu perusahaan harus apat melaksanakan serangkaian kegiatan dalam logistik, yaitu:

-          Proses pengadaan barang (procurement)
-          Kegiatan produksi (manufacturing support)
-          Distribusi (physical distribution)

Dalam pelaksanaannya, kegiatan dari logistik ini memiliki standar dari performa yang harus dicapai. Adapun dari tingkat performa yang ingin dicapaii dalam kegiatan logistic ini adalah dapat terjadinya keseimbangan antara kualitas dari pelayanan yang juga diharapkan oleh pelanggan dengan semua biaya yang sudah dikeluarkan untuk dapat mencapai tujuan dari perusahaan.

Ada dua faktor utama yang dapat menentukan tingkat performa dari suatu logistik, yaitu :

-     Faktor pelayanan (service), yaitu tingkat pelayanan perusahaan kepada konsumen.
-      Faktor biaya (cost), yaitu biaya yang dihabiskan perusaaan untuk menangani pelayanan kepada konsumen.

Aktivitas Logistik


Ada beberapa aktivitas dari logistik yang dapat saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Adapun aktivitas-aktivitas dari logistik tersebut adalah sebagai berikut:

-          Pelayanan Pelanggan (Customer Service)
-          Prediksi Permintaan (Demand Forecasting)
-          Manajemen Persediaan (Inventory Management)
-          Komunikasi Logistik (Logistic Communication)
-          Penanganan Material (Material Handling)
-          Proses Pemesanan (Order Precessing)
-          Pengemasan (Packaging)
-       Komponen-komponen dan Pelayanan Pendukung (Parts and Service Support)
-       Seleksi Lokasi Pabrik dan Tempat penyimpanan atau Gudang (Plant and Warehouse Site   Selection)
-          Procurement atau Purchasing
-          Reverse Logistics
-          Transportasi (Transportation)
-          Pergudangan dan penyimpanan (Warehousing & Storage)

Nah, logistic ini juga dapat diartikan sebagai pengadaan maka berhubungan langsung juga dengan yang namanya manajemen persediaan. Manajemen persediaan ini merupakan aktivitas yang juga bertujuan untuk dapat menjaga jumlah persediaan barang.
Untuk dapat menjaga jumlah persediaan barang, maka manajemen logistik juga hadir sebagai pendukung. Pelaksanaan dalam manajemen logistik ini dapat memberikan yang banyak manfaat bagi perusahaan. Apa sajakah? Berikut ini ulasannya.

1.           Persediaan

Dalam manajemen logistik biasanya akan menjaga untuk persediaan barang tetap terjaga   dan aman. Dengan begitu juga, kebutuhan dari sebuah perusahaan akan terus terpenuhi   sehingga akan dapat beroperasi dengan lancer tanpa ada hambatan.

2.           Transportasi
Fungsi selanjutnya dari manajemen logistik dalam bidang ini adalah sebagai salah satu   penyalur barang. Oleh karena itulah, maka perusahaan harus memiliki layanan   transportasi sendiri untuk dapat membantu mobilitas perusahaan.

3.           Fasilitas
Tidak hanya memiliki transportasi saja, fasilitas yang memadai juga menjadi salah satu   faktor yang sangat mendukung perusahaan berjalan secara optimal. Dengan adanya   manajemen logistik maka perusahaan akan memiliki fasilitas yang mensupport.

4.           Layanan
 Costumer Service dan berbagai hal yang mencakup pelayanan terhadap customer termasuk ke dalam manajemen logistik.

5.           Manajemen dan Administrasi
 Dengan menerapkan yang namanya manajemen logistik maka bagian administrasi serta   manajemen akan sangat terbantu. Selain karena persediaan tertata dengan rapi, pelayanan   serta pencatatan informasi juga semakin teratur.

LihatTutupKomentar