Apa sih yang dimaksud dengan yang
namanya logistik? Nah, secara umum, Logistik ini adalah suatu ilmu pengetahuan
atau pun seni dalam melakukan yang namanya proses penyimpanan, penyaluran,
pemeliharaan, dan juga penghapusan terhadap berbagai macam barang atau pun
alat-alat yang tertentu.
Dan ada juga beberapa yang
menyebutkan bahwa logistic ini adalah merupakan serangkaian dari suatu proses
yang dapat meliputi dari kegiatan perencanaan, implementasi, hingga dengan pengawasan
terhadap suatu proses dalam perpindahan, baik itu barang atau jasa, energi,
atau pun sumber daya yang lainnya, dari suatu
titik awal untuk menuju titik dari penggunaan.
Dari penjelasan diatas arti logistic
tersebut dapat kita simpulkan bahwa logistic ini merupakan bagian dari ilmu
dalam manajemen dimana suatu rangkaian kegiatannya yang dapat saling
berhubungan dan juga dilakukan secara bertahap, serta bertujuan dalam mengelola
dan juga dapat memelihara barang atau perlengkapan yang tertentu.
Tujuan dan Manfaat Logistik
Semua dari kegiatan logistik ini adalah
untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu, yaitu dapat tersedianya suatu
barang yang datang tepat pada waktu dan dengan tempat yang tepat juga. Dengan
begitu, suatu perusahaan harus apat melaksanakan serangkaian kegiatan dalam logistik,
yaitu:
-
Proses
pengadaan barang (procurement)
-
Kegiatan
produksi (manufacturing support)
-
Distribusi
(physical distribution)
Dalam pelaksanaannya, kegiatan dari logistik
ini memiliki standar dari performa yang harus dicapai. Adapun dari tingkat
performa yang ingin dicapaii dalam kegiatan logistic ini adalah dapat terjadinya
keseimbangan antara kualitas dari pelayanan yang juga diharapkan oleh pelanggan
dengan semua biaya yang sudah dikeluarkan untuk dapat mencapai tujuan dari
perusahaan.
Ada dua faktor utama yang dapat
menentukan tingkat performa dari suatu logistik, yaitu :
- Faktor
pelayanan (service), yaitu tingkat pelayanan perusahaan kepada konsumen.
- Faktor
biaya (cost), yaitu biaya yang dihabiskan perusaaan untuk menangani pelayanan
kepada konsumen.
Aktivitas Logistik
Ada beberapa aktivitas dari logistik
yang dapat saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Adapun
aktivitas-aktivitas dari logistik tersebut adalah sebagai berikut:
-
Pelayanan
Pelanggan (Customer Service)
-
Prediksi
Permintaan (Demand Forecasting)
-
Manajemen
Persediaan (Inventory Management)
-
Komunikasi
Logistik (Logistic Communication)
-
Penanganan
Material (Material Handling)
-
Proses
Pemesanan (Order Precessing)
-
Pengemasan
(Packaging)
- Komponen-komponen
dan Pelayanan Pendukung (Parts and Service Support)
- Seleksi
Lokasi Pabrik dan Tempat penyimpanan atau Gudang (Plant and Warehouse Site Selection)
-
Procurement
atau Purchasing
-
Reverse
Logistics
-
Transportasi
(Transportation)
-
Pergudangan
dan penyimpanan (Warehousing & Storage)
Nah, logistic ini juga dapat
diartikan sebagai pengadaan maka berhubungan langsung juga dengan yang namanya manajemen
persediaan. Manajemen persediaan ini merupakan aktivitas yang juga bertujuan
untuk dapat menjaga jumlah persediaan barang.
Untuk dapat menjaga jumlah persediaan
barang, maka manajemen logistik juga hadir sebagai pendukung. Pelaksanaan dalam
manajemen logistik ini dapat memberikan yang banyak manfaat bagi perusahaan.
Apa sajakah? Berikut ini ulasannya.
1.
Persediaan
Dalam manajemen logistik biasanya akan menjaga untuk
persediaan barang tetap terjaga dan
aman. Dengan begitu juga, kebutuhan dari sebuah perusahaan akan terus
terpenuhi sehingga akan dapat
beroperasi dengan lancer tanpa ada hambatan.
2.
Transportasi
Fungsi selanjutnya dari manajemen logistik dalam
bidang ini adalah sebagai salah satu
penyalur barang. Oleh karena itulah, maka perusahaan harus memiliki
layanan transportasi sendiri untuk
dapat membantu mobilitas perusahaan.
3.
Fasilitas
Tidak hanya memiliki transportasi saja, fasilitas yang
memadai juga menjadi salah satu faktor
yang sangat mendukung perusahaan berjalan secara optimal. Dengan adanya manajemen logistik maka perusahaan akan
memiliki fasilitas yang mensupport.
4.
Layanan
Costumer
Service dan berbagai hal yang mencakup pelayanan terhadap customer termasuk ke
dalam manajemen logistik.
5.
Manajemen
dan Administrasi
Dengan menerapkan yang
namanya manajemen logistik maka bagian administrasi serta manajemen akan sangat terbantu. Selain karena
persediaan tertata dengan rapi, pelayanan
serta pencatatan informasi juga semakin teratur.